Indahnya Desa Pesanggrahan Kaligua

Indahnya Desa Pesanggrahan Kaligua

Indahnya Desa Pesanggrahan Kaligua – Kepomagz.com, Jakarta. Percaya atau tidak, telah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa tinggal di desa memiliki banyak manfaat bagi manusia. Manfaat hidup di desa sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena banyak hal-hal natural banyak berasal dari desa. Seperti halnya Desa Pesanggarahan yang terletak tidak jauh dari tempat wisata kaligua.

Merupakan bagian dari kecamatan paguyang brebes. Desa Pesanggrahan secara kasat mata merupakan salah satu desa dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Hanya berselang beberapa tahun, desa pesanggrahan kian meningkatkan infrastruktur-infrastruktur yang dibutuhkan.

Indahnya Desa Pesanggrahan Kaligua

Hal Yang Bisa Kamu Temukan Di Desa Pesanggrahan

Syiar Agama Lebih Kental

Syiar Agama adalah point yang paling penting sebagai seorang yang memiliki keyakinan beragama islam. Kamu akan dengan mudah menjumpai masjid yang selalu mengadakan pengajian setiap subuh. Kekentalan syiar agama islam ini ditandai banyaknya pondok pesantren, Taman Pendidikan Al-Qur’an, budaya-budaya islami, dan beberapa pengajian rutin. Kebanyakan anak lulusan MI pun sudah bisa mengaji dan membaca Al-Qur’an. Bahkan beberapa tokoh-tokoh agama begitu dikenal oleh masyarakat desa bahkan kecamatan yang lain.

Kerukunan

Kerukunan merupakan simbol penting bagi masyarakat desa, gotong-royong pun selalu tercermin dalam kehidupan mereka, contoh sederhana adalah kerja bakti. Tetapi tidak hanya kerja bakti, masih banyak hal yang menunjukan kerukunan masyarakat desa. Kerukunan dan gotong-royong inilah yang menyebabkan masyarakat desa saling mengenal satu dengan lainnya.

Sopan Santun dan Ramah Tamah

Masyarakat desa pesanggrahan memang terkenal sopan santun dan ramah tamah, bahkan ketika saling bertemu di jalan pun mereka akan saling menyapa. Sopan santun dan ramah tamah ini adalah ciri khas yang diajarkan oleh orang-orang tua dulu.

Pemandangan yang Indah dan Sehat

Desa Pesanggrahan merupakan tempat yang hijau. Masih banyak pepohonan, sungai, gunung, persawahan, menghiasi setiap tempat dan menjadi pemandangan yang indah. Pemandangan di desa pesnggrahan merupakan pemandangan yang alami. Selain ini sedap dipandang mata, udara pun tetap terjaga dan sehat.

Infrastruktur Yang Menunjang

Desa Pesanggrahan merupakan salah satu desa yang makmur. Terlihat dari bangunan-bangunan rumah yang kian hari semakin sedap di pandang, megahnya Masjid Jami’ Nurul Huda, dan Sarana Pendidikan yang mumpuni seperti TK, MI, Mts, Dan SMK (Kesemuanya merupakan sekolah swasta milik yayasan Nurul Huda). Selain itu juga terdapat pendidikan non formal untuk anak-anak belajar membaca dan mengaji alquran.

Tempat Wisata Menarik Sekitar Desa Pesanggrahan

Waduk Penjalin

Waduk Penjalin

Untuk sampai di waduk penjalin kamu hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Desa Pesanggrahan. Waduk Penjalin memiliki luas 1,25 km2 dan isi 9,5 juta m3, terletak di tengah-tengah Desa Winduaji. Waduk ini dibangun tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belanda bersamaan dengan Waduk Malahayu. Air waduk ini dipersiapkan untuk menyuplai irigasi Sungai Pemali bawah dan areal persawahan. Penjalin dalam Bahasa Jawa berati rotan.

Di bagian muka waduk ini terdapat tanggul dengan ketinggian 16 m, lebar 4 m, dan panjang 850 m. Keliling waduk dikitari pedukuhan Mungguhan, Keser Kulon, Kali Garung, Kedung Agung, Soka, Karangsempu, Pecikalan, dan Karangnangka. Sedangkan di sebelah timur yang merupakan tanggul dan pintu gerbang waduk adalah dukuh Keser Tengah.

Beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan di waduk penjalin :
Hunting Foto

Waduk penjalin memiliki panorama yang cukup menawan. Kamu bisa melihat dataran tinggi pegunungan di arah timur, menikmati keindahan waduk, serta indahnya sunset saat sore hari. Saat-saat yang tepat untuk berburu foto bukan?

Memancing

Waduk penjalin terhampar begitu luas dengan kedalaman yang mimin kurang tahu. Dulu, mimin sering menyewa perahu kecil untuk memancing ikan seharian di sekitaran waduk penjalin. Kamu akan dengan mudah mendapatkan beberapa ikan dengan ukuran yang cukup besar. Hati-hati, pancinganmu bisa tersangkut di rawa-rawa lho.

Liburan Dan Bersantai

Waduk Penjalin sering dijadikan sebagai destinasi wisata warga sekitar. Disamping harganya terjangkau, letaknya yang mudah ditempuh, waduk penjalin juga sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga karena memiliki pemandangan yang indah serta udara yang segar. Saat kamu liburan ke waduk penjalin, jangan sampai melewatkan berkeliling waduk dengan menggunakan perahu. Kamu hanya cukup merogoh kocek sekitar 10 ribu untuk sekali jalan.

Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas Tirta Husada adalah objek wisata yang terletak di desa Kedungoleng bagian Barat tepatnya di pedukuhan Cipanas. Pemandian Air Panas Tirta Husada sebagai salah satu tempat wisata pemandian air panas alami yang dipercaya banyak orang dapat dimanfaatkan untuk terapi berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, rematik, pegal-pegal, linu dan lain-lain dengan berendam, selain itu juga sering di jadikan tempat rekreasi bersama keluarga yang cukup nyaman.

Beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan di Cipanas :
Berendam

Apalagi yang akan kamu lakukan jika mengunjungi cipanas tirta husada selain untuk menikmati berendam di air panas alami. Hehe.

Merebus Telur

Kamu wajib cobain sensasi merebus telur di cipanas ini. Di Pemandian Air Panas Tirta Husada ini terdapat tempat yang bisa kamu jadikan untuk merebus telur. Di jamin dalam hitungan kurang dari 1 menit telur kamu sudah langsung matang. Wow!!

Berkeliling Taman

Di sekitar pemandian juga terdapat taman yang bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan. Meskipun rutenya agak menanjak, namun akan asik bila melakukannya dengan beberapa teman sekaligus.

Telaga Ranjeng

Telaga Ranjeng

Telaga Ranjeng atau biasa juga diucapkan Telaga Renjeng adalah kawasan wisata cagar alam yang berlokasi di desa Pandansari, kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Telaga ini dibangun pada tahun 1924, berada di bawah kaki Gunung Slamet dan merupakan bagian dari kawasan cagar alam milik Perhutani Pekalongan Timur. Hanya beerjarak sekitar 10 km dari Desa pesanggrahan.

Beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan di Telaga Ranjeng :
Memberi Makan Ikan

Terdapat berbagai jenis ikan dengan jumlah yang begitu banyak. Entah dari mana ikan-ikan ini berasal, namun kamu akan merasakan sensasi memberi makan ikan yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. Ikan-ikan di sini memiliki jenis dan ukuran yang beragam, dan kesemuanya sangat jinak. Kamu hanya perlu mendekat ke air dan membawa makanan di tanganmu dan celupkan ke air, semua ikan akan mendekat dengan segera.

Hunting Foto

Cagar alam tersebut memiliki luas empat puluh delapan setengah hektare terdiri dari hutan damar dan pinus yang mengelilingi telaga, yang sebelumnya merupakan tempat mandi para tokoh kerajaan di Jawa. Daya tarik dari Telaga Ranjeng adalah udara pegunungan yang sejuk, hutan lindung, serta cagar alam. Pemandangan alam yang saying untuk kamu abadikan dengan kamera kesayanganmu bukan?

Perkebunan Teh Kaligua

Kebun Teh Kaligua

Tidak jauh dari telaga ranjeng terdapat sebuah perkebunan teh dengan pemandangan yang begitu mengagumkan. Perkebunan teh Kaligua berada pada ketinggian 1.200 – 2.050 meter dari permukaan laut. Kondisi udara sangat dingin, berkisar 8-22 °C pada musim penghujan dan mencapai 4-12 °C pada musim kemarau. Wilayah perkebunan teh ini hampir selalu diselimuti kabut tebal. Perkebunan ini terletak di lereng barat Gunung Slamet (3.432 m dpl), yang merupakan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa setelah Gunung Semeru. Keindahan salah satu puncak gunung Slamet, yaitu puncak Sakub, dapat dinikmati dari perkebunan teh Kaligua ini. Dari tempat ini, jika udara cerah, juga terlihat keindahan Gunung Ceremai, wilayah Tegal, serta Cilacap.

Beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan di Perkebunan Teh Kaligua :
Berkeliling Perkebunan Dengan Sepeda

Akan sagat mengasikkan bila kamu bisa berkeliling perkebunan teh kaligua dengan bersepeda bersama teman-teman ataupun keluarga. Udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang begitu indah akan sangat saying bila kamu menikmatinya hanya dengan melihat dari dalam mobil.

Berendam Di Air Super Dingin

Berani berenang di ketinggian 2000 mdpl? Jika berani, kamu wajib cobain nih berkunjung ke perkebunan teh kaligua. Karena di dalam area perkebunan terdapat tempat wisata air abadi. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang untuk para wisatawan.

Hunting Foto

Terdapat beberapa spot bagus untukmu hunting foto lho. Selain bisa mendapatkan foto pemandangan perkebunan, kamu juga bisa berfoto di sekitar air abadi, puncak sakub, dan taman di dekat parkiran air abadi. Selain itu juga terdapat gua jepang, gua peninggalan bangsa jepang yang letaknya hanya sekitar beberapa ratus meter dari air abadi.

Penampakan Desa Pesanggrahan

Desa Pesanggrahan Kaligua Desa Pesanggrahan Kaligua Desa Pesanggrahan Kaligua Desa Pesanggrahan Kaligua Desa Pesanggrahan Kaligua Desa Pesanggrahan Kaligua Desa Pesanggrahan Kaligua Desa Pesanggrahan Kaligua Desa Pesanggrahan Kaligua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *