Makanan Sehat Untuk Menambah Berat Badan

Makanan Sehat Untuk Menambah Berat Badan – Kepomagz.com, Jakarta. Banyak yang bilang kegemukan bisa meningkatkan resiko terkena penyakit. Oleh karena itu, banyak orang yang berlomba-lomba untuk menurunkan berat badannya. Sementara sebagian orang mati-matian untuk menurunkan berat badannya dengan mengurangi asupan makanan, meninggalkan makanan junk food, hingga berolahraga setiap harinya. Sebagian orang lagi justru ingin menambah berat badannya.

Makanan Sehat Untuk Menambah Berat Badan

Ya, jika sebagian orang sibuk untuk menghilangkan lemak dalam tubuhnya, sebagian lagi justru memiliki keinginan yang sebaliknya. Memang sudah menjadi sifat dasar manusia untuk selalu berupaya memenuhi hasrat dan keinginan yang dimiliki. Meski menambah berat badan terbilang gampang, namun bagi beberapa orang sangatlah sulit.

Penyebab Sulitnya Menambah Berat Badan

Memiliki berat badan ideal adalah sesuatu yang diidamkan oleh semua orang. Berat badan ideal juga bisa membuat penampilan enak dipandang dan juga terkesan sehat. Berat badan ideal harus disesuaikan dengan tinggi badan, tidak boleh terlalu gemuk dan juga tidak dianjurkan terlalu kurus. Meskipun sebenarnya terdapat banyak faktor penentu seseorang susah menambah berat badannya, terdapat tiga faktor utama penyebab seseorang sulit menambah berat badan. Berikut ini tiga faktor penyebab orang kurus susah untuk menambah berat badannya.

Faktor Genetik ( Faktor Keturunan )

Kurus juga bisa dari faktor keturunan/ genetik yang diturunkan kedua orang tua. Mungkin juga kedua orang tua kita tidak kurus, namun tanyakan kepada mereka apakah kakek nenek buyut ada yang kurus. Itulah yang dinamakan faktor keturunan (genetik) yang resesif. Meski begitu, hal ini juga bisa diatasi dengan mengonsumsi lebih banyak karbohidrat. Makanlah setidaknya tiga kali sehari dan tingkatkan konsumsi cairan. Namun hindari minum air saat sedang makan.

Faktor Gangguan Metabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan proses yang berkesinambungan yang berlangsung sepanjang waktu. Apakah seseorang makan, tidur, berbicara, berjalan atau hanya bermalas-malasan di sekitar, metabolisme terus berlanjut. Ini membantu untuk melaksanakan banyak fungsi tubuh seperti penyembuhan luka, perbaikan kerusakan, pengaturan suhu tubuh, pembentukan sel-sel tubuh yang baru, penghapusan racun dari tubuh, dll Metabolisme muncul saat makanan memasuki lambung dan pencernaan dimulai.

Enzim-enzim yang dikeluarkan oleh pankreas dan tiroid membantu kelenjar dalam pemecahan makanan dicerna menjadi senyawa yang lebih sederhana. Zat-zat sederhana diserap oleh sel-sel tubuh dan dengan demikian, membantu dalam pelepasan energi dan melaksanakan proses lain dalam tubuh. Tapi ketika terjadi gangguan metabolisme, menyebabkan reaksi kimia abnormal terjadi. Hal ini mengganggu fungsi normal tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan termasuk susahnya untuk membuat tubuh gemuk.

Faktor Tidak Pernah Detoks

Detoks adalah mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Salah satu hal pokok Kenapa Badan Kurus dan susah Gemuk ? adalah karena adanya kotoran di dalam usus kita. Makanan yang kita makan setiap hari apalagi jika makanan yang kita makan adalah makanan cepat saji, makanan instan atau yang diolah tidak dengan sepengetahuan kita, maka makanan tersebut dapat menimbulkan kerak / kotoran di dalam usus. Hal ini menyebabkan penyerapan zat gizi, nutrisi dan vitamin dari makanan yang kita makan tidak dapat terserap sempurna oleh usus halus.

Sudah menjadi rumus mutlak apabila nutrisi makanan yang kita makan tidak bisa meresap dengan sempurna maka pertumbuhan tubuh kita pun akan terganggu. Hal ini yang menyebabkan Kenapa Badan Kurus dan susah Gemuk? Hal ini dapat di atasi jika Kamu melakukan detoksifikasi idealnya 1 bulan sekali untuk lebih detail tentang detoks tubuh ini.

Makanan Sehat Untuk Menambah Berat Badan

Banyak alasan mengapa seseorang ingin menambah berat badan, mulai dari untuk memperbaiki penampilan, meningkatkacan kepercayaan diri, memperbesar otot tubuh, hingga alasan kesehatan. Memang benar bahwa minuman soda yang mengandung banyak gula dan berbagai junk food akan menambah berat badan, namun tentu tidak baik bagi tubuh dalam jangka waktu panjang.

Cara terbaik menambah berat adalah dengan makan secara alami –dan sehat, serta memperhatikan asupan kalori yang masuk ke tubuh. Berikut ini adalah 10 makanan yang akan dapat menambah berat badanmu secara sehat.

daging merah

 

Daging Merah

Jika Kamu ingin menambah berat badan, tingkatkan asupan daging merah. Misalnya saja steak, yang mengandung banyak protein dan zat besi. Anda membutuhkan kandungan tinggi lemak dalam setiap potongannya. Selain itu, ada juga iga, sosis sapi, soto daging, potongan daging sapi tenderloin, dan lain sebagainya. Makanan-makanan ini tinggi akan kolesterol, dan cocok untuk kebutuhan Kamu.

susu sapi murni

Susu Sapi Murni

Gantilah susumu dengan susu sapi murni. Terlebih bagi Kamu yang terbiasa mengkonsumsi susu skim (tanpa lemak). Anda membutuhkannya untuk membantu menambah berat badan. Selain itu, susu sapi murni sangat bernutrisi tinggi, khususnya vitamin A dan vitamin D.

Untungnya Kamu bisa menggunakan susu dengan banyak cara seperti mencapurnya dengan sereal, oatmeal, ataupun dalam bentuk segelas susu untuk diminum. Jika Kamu terbiasa minum kopi, gunakan susu sapi  murni sebagai creamernya.

Selai kacang

Selai Kacang

Selai kacang dikemas dengan protein dan lemak, sehingga sangat cocok bagi Kamu yang ingin menambah berat badan. Satu sendok makan selai kacang mengandung 100 kalori dan 4 gram protein. Selain itu selai kacang tinggi akan kandungan folat, magnesium, vitamin E dan juga vitamin B3. Anda bisa menikmatinya bersamaan dengan roti atau oatmeal. Selai kacang, lezat dan sehat. Baik untuk menambah berat badan.

Ketika memilih produk selai kacang, pilihlah produk yang alami dan murni, tanpa kandungan gula tinggi dan berbagai bahan tambahan lainnya. Pelajari kandungannya pada label/kemasan produk masing-masing.

Buah buahan tropis

Buah-buahan Tropis

Hidup di negara tropis seperti Indonesia, rugi kalau tidak mengeksploitasi berbagai buah tropis yang sangat baik untuk menambah berat badan. Sebut saja pepaya, mangga, pisang, dan nanas, yang memiliki kandungan tinggi gula alami. Buah-buahan ini akan juga akan memberimu energi lebih setiap hari. Tambahkan sebanyak mungkin buah dalam pola makanmu sehari-hari. Tidak perlu khawatir, karena tidak ada orang yang menjadi terlalu gemuk karena mengkonsumsi buah-buahan.

Alpukat

Alpukat

Buah hijau yang populer ini sangat baik untuk menambah asupan lemak sehat ke dalam tubuh Kamu. Buah alpukat mengandung kalori yang tinggi, termasuk juga potasium, asam folat, vitamin E dan vitamin B. Anda bisa menikmatinya sebagai campuran dalam salad atau dibuat jus segar murni. Nikmat dan sehat, bukan?

Roti gandum

Roti Gandum

Rajin mengkonsumsi roti bagus sebagai permulaan untuk menambah berat badan secara sehat. Khususnya roti gandung murni. Berbeda dengan potongan roti putih yang biasa kita makan semasa kecil, roti gandum lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya.

Roti gandum mengandung serat atau fiber dan beberapa mineral yang tidak dimiliki roti biasa. Kelebihan ini akan membuat Kamu kenyang lebih lama dan energi yang lebih, di samping lebih sehat untuk pencernaan.

Mentega

Mentega

Tidak ada yang lebih nikmat selain mentega untuk masakan. Membuat hidangan lebih berkalori dan lebih nikmat tentunya. Mentega mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh) yang tinggi, sehingga Kamu bisa menggunakannya setiap ada kesempatan. Gunakan sebagai atasan pada roti atau untuk menggoreng telur saat sarapan pagi.

kacang-kacangan

 

Kacang-kacangan

Kacang adalah camilan yang sangat baik untuk meningkatkan berat badan Kamu. Kandungan lemak dan nutrisinya melimpah. Walaupun terdapat banyak macam kacang-kacangan dengan kandungan nutrisi yang berbeda, namun hampir semuanya baik untuk tujuan menambah berat badan Kamu. Khususnya kacang almond, yang sangat menyehatkan. Selain itu ada kacang tanah, kacang hijau, polong, dan lain sebagainya.

Keju

Keju

Keju termasuk salah satu makanan favorit di berbagai tempat. Anda hampir selalu bisa mencampurkannya di berbagai hidangan. Keju mengandung semua nutrisi yang dimiliki susu murni, karena keju memang merupakan hasil olahan susu. Jadikan keju sebagai isi roti Kamu atau mencampurnya dengan telur saat sarapan. Anda bahkan juga bisa memakannya langsung sebagai ‘camilan’, karena keju sangat tinggi protein.

Kentang

Kentang

Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, yang pertama dihindari adalah karbohidrat. Berbeda dengan Kamu yang ingin menambah berat badan, justru harus menambah karbohidrat dalam pola makan Kamu. Kuncinya adalah memilih jenis karbohidrat yang memiliki nilai nutrisi. Kentang adalah pilihan sempurna, karena mengandung protein yang tinggi, selain kandungan serat atau fiber dan vitamin C yang melimpah.

Makan kentang dengan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi yang lebih optimal. Ketika kentang telah dikupas, proteinnya akan berkurang lebih dari setengahnya. Cara yang sederhana adalah dengan membersihkan dan merebus kentang, maka Kamu dapat mengkonsumsinya buah kentang ‘yang utuh’ begitu mereka telah masak.

Di samping asupan makanan yang sehat dan tepat (Makanan Sehat Untuk Menambah Berat Badan), olahraga juga akan membantu Kamu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga nafsu makan juga akan meningkat. Mengikuti program fitnes atau kebugaran dan angkat beban juga dapat membantu membentuk otot tubuh dan memberikan ruang untuk protein untuk masuk ke dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *