Mendaki 6 Gunung Di Bali Saat Liburan

Mendaki 6 Gunung Di Bali – Kepomagz.com, Jakarta. Di akhir pekan ini mimin kepomagz lagi-lagi akan membahas Bali. Apa? Bali?? Pulau dewata memang ngga pernah membosankan untuk mimin bahas. Memangnya apa aja sih yang bikin mimin ngga pernah bosan membahasnya? Apalagi kalau bukan karena keindahan panorama, tempat wisata, kuliner, serta adat istiadatnya.

Ya, semuanya bisa kamu dapatkan di Bali. Boleh dibilang, Bali merupakan salah satu surganya para wisatawan. Banyak hal pula yang bisa kamu lakukan di Bali. Salah satunya adalah dengan mendaki 6 gunung di bali. Ya, selain wisata pantai yang memukau, seni budaya, watersports, bali safari park, arung jeram, bali juga ternyata memiliki gunung-gunung yang selalu menunggu untuk kamu daki.

Mendaki 6 Gunung Di Bali

Jika kamu seorang pendaki gunung, tidak ada salahnya menjadikan Bali sebagai salah satu tujuan. Karena di sana juga ada beberapa gunung yang bisa dijadikan objek pendakian. Gunung-gunung yang ada di Bali memang tidak terlalu populer seperti Gunung Rinjani maupun Gunung Semeru. Namun, sebagaimana pada umumnya, gunung-gunung yang ada di Bali juga mampu membuat Kamu lebih dekat kepada Sang Pencipta.

Gunung Agung merupakan titik tertinggi yang ada di daratan Bali. Jika kamu pernah ke Pantai Senggigi di Lombok, gunung ini akan terlihat menjulang diantara daratan yang ada di Bali. Tentu saja, Gunung Agung bukanlah satu-satunya gunung yang bisa kamu daki di Bali. Jika berniat menjelajahi gunung-gunung di Bali, berikut ini adalah 6 gunung yang bisa kamu daki.

Gunung Agung

Gunung Agung

Gunung Agung menjadi gunung yang wajib kamu daki terlebih dahulu sebelum mendaki gunung-gunung lain di Bali. Merupakan satu-satunya titik tertinggi di Bali. Gunung Agung memiliki ketinggian 3.031 mdpl. Gunung ini merupakan salah satu gunung terpenting bagi umat Hindu di Bali. Mereka percaya bahwa gunung ini adalah istana para dewa. Puncak Gunung Agung sendiri berbentuk memanjang dan berunjung pada sebuah kawah yang sangat lebar dan dalam. Dari atas gunung ini Kamu bisa melihat keindahan Pulau Bali dari ketinggian. Akan tampak Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok bila kamu berada di puncak Gunung Agung. Gunung Agung dapat didaki dari beberapa jalur. Namun jalur yang paling sering digunakan para pendaki adalah melalui Pura Bekasih.

Gunung Batur

Gunung Batur

Gunung Batur berada satu kawasan dengan Danau Batur. Keduanya ditetapkan sebagai global geopark pertama dari Indonesia. Jadi, saat mendaki gunung ini berarti kamu telah mendaki salah satu tempat yang diakui oleh UNESCO. Tinggi gunung ini memang tidak seberapa. Hanya 1.717 mdpl. Namun, Kamu tetap bisa menyaksikan keindahan dari ketinggian melalui gunung ini. Banyak wisatawan yang datang ke gunung ini hanya untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dari ketinggian. Gunung Batur sendiri dapat dicapai melalui beberapa jalur pendakian. Dua jalur pendakian yang paling terkenal adalah Pura Jati dan Toya Bungkah. Lokasi gunung ini tidak jauh dari Kintamani sehingga setelah selesai melakukan pendakian kamu bisa sekalian mampir ke sana.

Gunung Abang

Gunung Abang

Lokasi gunung ini juga tidak jauh dari Kintamani dan Danau Batur. Kaki gunung ini bahkan masih berada pada salah satu sisi Danau Batur. Dari puncak Gunung Abang, pemandangan Danau dan Gunung Batur akan terlihat sangat cantik. Saat mendaki gunung ini Kamu akan menemukan banyak sekali pura dengan arsitektur Bali kuno. Kawasan sekitar Gunung Abang sendiri merupakan tempat tinggal suku Bali Aga yang merupakan suku asli Bali. Gunung Abang memiliki tinggi 2.151 mdpl. Salah satu jalur pendakian gunung ini adalah melalui Jalur Songan yang memiliki jalur pendakian horisontal terpanjang di Bali. Jalur lain yang dapat dipilih adalah melalui Desa Suter.

Gunung Batukaru

Gunung Batukaru

Dengan tinggi 2.276 mdpl, Gunung Batukaru merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung. Gunung ini sendiri merupakan gunung yang memiliki peranan penting bagi masyarakat Bali khususnya Bali Tengah karna di kaki-kai gunung inilah sebagian besar hulu sungai di Bali Tengah berasal. Kawasan di sekitar Gunung Batukaru sendiri juga merupakan kawasan konservasi cagar alam yang bertujuan untuk menjaga ekosistem alam. Di puncak Gunung Batukaru Kamu akan menemukan pura kecil bernama Pura Puncak Kedaton. Butuh waktu sekitar 3 sampai 4 jam untuk sampai ke puncak Gunung Batukaru. Ada tiga jalur terkenal yang dapat digunakan untuk menuju ke puncak yakni Desa Jatiluwih, Pura Batukaru dan Desa Pujungan.

Gunung Catur aka Puncak Mangu

Gunung Catur

Gunung yang satu ini berada di daerah Bedugul. Selain dikenal dengan Puncak Mangu, gunung ini juga dikenal dengan Gunung Catur. Pemandangan dari atas gunung ini sangat indah karna dikelilingi oleh Danau Beratan dan Danau Buyan. Dari puncak gunung ini Kamu juga bisa melihat hampir semua gunung-gunung yang ada di Bali karna memang lokasi dari gunung ini berada di tengah-tengah sirkum pegunungan di Pulau Dewata. Gunung ini memiliki tinggi 2.096 mdpl. Di puncak, terdapat sebuah pura yakni Pura Pucak Mangu. Saat mendaki gunung ini mungkin kamu akan bertemu dengan umat Hindu yang hendak beribadah di pura tersebut. Ada dua jalur pendakian ke gunung ini yakni melalui Bedugul serta Petang.

Gunung Lesung

Gunung Lesung

Berada di sebelah selatan Danau Tamblingan. Gunung Lesung juga menjadi salah satu objek pendakian yang menarik. Walau tingginya hanya 1.865 mdpl, Kamu masih bisa menikmati sensasi pendakian di gunung ini. Di beberapa titik gunung ini Kamu akan menemukan patung-patung tua lengkap dengan sesajennya. Gunung ini memiliki sebuah kawah yang besar. Ada mitos yang menyebutkan bahwa di dasar kawah tersebut hidup kawanan menjangan. Track menuju puncak gunung merupakan area vegetasi yang cukup lembab. Seperti beberapa gunung sebelumnya, di puncak Gunung Lesung Kamu juga akan menemukan sebuah pura. Jalur pendakian gunung ini terdapat desa Tamblingan.

Tambahan Tentang Mendaki 6 Gunung Di Bali | Alasan Melakukan Sebuah Pendakian

Mendaki gunung adalah kombinasi olahraga dan kegiatan rekreasi untuk mengatasi tantangan dan bahaya pada lereng dan jurang untuk mendapatkan pemandangan yang indah dari puncaknya walaupun harus melewati kesulitan ataupun memanjat tebing menjelang puncaknya. Ada beberapa alasan mengapa orang terlibat dalam kegiatan ini:

  • Mendaki gunung adalah menyelesaikan tantangan dan mengukur kemampuan individu dalam skala yang berbeda. Orang yang mencintai petualangan, olahraga ini akan memberikan rasa antusias dan pemenuhan rasa menaklukkan dunia pada saat tiba di puncaknya. Menyaksikan pemandangan yang indah biasanya adalah hasil dari semuanya.
  • Mendaki gunung adalah kegiatan fisik yang sangat baik untuk kesehatan. Ini merupakan bentuk latihan di mana ketika kita menikmati tantangan juga harus mengeluarkan energi yang besar pada saat yang sama. Efek dari olahraga juga akan meningkatkan kekuatan tubuh dan daya tahan.
  • Mendaki gunung menawarkan eksplorasi keindahan alam. Sebagian besar pecinta kegiatan ini menemukan rasa cinta kepada alam bebas melalui kegiatan ini, Kegiatan ini juga membawa mereka lebih dekat kepada kebebasa dan kehidupan liar. Selain itu, perjalanan ke puncak gunung akan menyajikan keindahan alam yang begitu sempurna
  • Mendaki gunung mengembangkan beberapa keterampilan dan melatih kita melakukan persiapan menghadapi masalah, memberikan kewaspadaan, kesabaran, kepercayaan diri, dan kerja kelompok. Dalam hal ini kegiatan mendaki gunung dapat dilihat sebagai refleksidari kehidupan nyata di mana kita harus bekerja keras untuk mencapai tujuan kita. Menekankan disiplin begitu penting sebagai nilai tambah di setiap pendakian.

Tambahan Tentang Mendaki 6 Gunung Di Bali | Daftar Lengkap Pegunungan Yang Ada Di Bali

Gunung Tinggi Lokasi
Agung 3,142 m Karangasem
Abang 2,152 m Bangli
Adeng 1,826 m Tabanan
Batukaru 2,276 m Tabanan
Batur 1,717 m Bangli
Banyu Wedang 430 m Buleleng
Catur 2,098 m Tabanan
Klatakan/Kelatakan 698 m Jembrana
Kutul 842 m Buleleng
Lempuyang/Seraya 1,058 m Karangasem
Lesung/Lesong 1,860 m Buleleng
Lok Badung 1,028 m Buleleng
Merbuk 1,356 m Jembrana
Mesehe 1,300 m Jembrana
Musi 1,215 m Jembrana
Mundi 529 m Klungkung
Ngandang 622 m Jembrana
Patas 1,414 m Buleleng
Penulisan 1,745 m Bangli
Pohen/Pohang 2,089 m Tabanan
Prapat Agung 310 m Buleleng
Sanghyang/Sengjang 2,087 m Tabanan
Sangiang 1,004 m Jembrana
Sidemen 826 m Karangasem
Silang Jana 1,903 m Buleleng

Semoga artikel tentang mendaki 6 gunung di bali ini bermanfaat. Jangan lupa share di sosial media kamu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *