Resep Empal Gentong Haji Apud

resep empal gentong haji apud

Resep Empal Gentong Haji Apud – Kepomagz.com, Jakarta. Cirebon adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota Cirebon dikenal dengan julukan Kota Udang. Kota yang sebagian penduduknya bermata pencaharian sebagai nelayan ini ternyata memiliki makanan yang khas, yaitu empal gentong.

empal gentong haji apud

Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. Awalnya empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Tetapi saat ini empal gentong dapat ditemui dengan mudah di Cirebon bahkan di kota-kota lainnya di Indonesia.

Salah satu restoran di Cirebon yang terkenal karena kelezatan empal gentongnya adalah Empal Asem  dan Empal Gentong Haji Apud. Menurut warga kota Cirebon, Empal Gentong dan Empal Asem H. Apud merupakan salah satu empal gentong terbaik. Empal Gentong dan Empal Asem H. Apud terletak di kawasan yang merupakan daerah otentik asal muasal kuliner empal berasal, yaitu di kawasan Battembat tepatnya di Jalan Ir H. Juanda, Desa Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, atau sekitar 5 kilometer arah barat dari pusat Kota Cirebon.

Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Cirebon atau sering melewati kawasan Battembat, tentu tahu bahwa kawasan ini memang memiliki banyak penjual empal khas Cirebon. Tetapi Empal Gentong dan Empal Asem H. Apud merupakan salah satu tempat makan empal yang hampir setiap hari selalu ramai sesak dikunjungi para pelanggannya. Menu yang disediakan disini adalah empal gentong, empal asem, dan sate kambing muda.

Karena sudah kangen akan citarasa empal asem dan empal gentong Cirebon inilah. Saya dan teman-teman sempatkan mampir di salah satu restoran haji apud di kawasan jalan kartini. Sembari istirahat setelah melakukan perjalanan dari Bekasi, saat akan menghadiri acara pernikahan di Cirebon kemarin.

Setelah kendaraan diparkir, kamipun langsung masuk dan memilih tempat duduk. Masih terlihat ramai pengunjung dan para pramusaji sibuk mondar mandir meskipun waktu sudah menunjukkan pukul 20.40 WIB. Setelah kami duduk, seorang pramusaji wanita yang ramah menawarkan menu kepada kami. Namun sayang, hanya tersisa menu empal daging dan sate kambing saja.

empal gentong

Akhirnya kamipun memesan 6 porsi empal daging,dan beberapa minuman seperti es the, es jeruk, dan air mineral. Tak lama kami memesan langsung seorang pramusaji membawakan minuman terlebih dahulu dan empal menyusul. Langsung saja kami makan tanpa kompromi hingga menambah 3 porsi nasi lagi karena saking lahapnya.

Rasa empal daging dan gurih kuahnya mantep abis. Setelah selesai makan kamipun kembali memesan sate kambing karena penasaran akan rasanya. Setelah sate dihidangkan, kami langsung mencicipinya. Namun, entah karena perut kami yang sudah terisi penuh atau hal lainnya. Kami merasa sedikit kurang suka dengan sate kambing yang dihidangkan. Meskipun tekstur dagingnya sangat empuk, agak aneh ketika masuk ke mulut. Mungkin karena bumbungnya, entahlah. Tapi over all kami sangat puas bisa kembali mencicipi makanan khas Cirebon yang satu ini.

sate kambing

Saat ini warung makan milik H. Apud sudah semakin berkembang sehingga membuat pengunjungnya semakin nyaman dan berbondong-bondong untuk menikmati kelezatan empal gentongnya. Harga yang ditawarkan untuk menikmati empal gentong disini relatif cukup murah ditambah pelayanan para pramusajinya yang ramah, serta tempat yang nyaman dan cukup luas.

Resep Empal Gentong Haji Apud

Ingin mencoba memasak empal gentong khas haji apud di rumahmu? Coba saja! pasti kamu juga bisa, dan dijamin enak. Berikut adalah resep empal gentong haji apud.

Bahan-bahan

Bahan Isian         :

200 gr daging sapi, 200 gr jeroan sapi dan 2 liter santan kelapa.

Bumbu halus      :

6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 cm kunyit dan 2 butir kemiri dan garam secukupnya.

Bumbu yang dimemarkan            :

2 cm lengkuas, 2 cm jahe, 2 cm kayu manis, 3 lembar daun salam dan 1 batang serai.

Bahan dan bumbu pelengkap     :

garam, gula merah, air untuk merebus, minyak untuk menumis, daun kucai, daun bawang, bawang goreng, sambal bubuk dan kecap manis.

Tahapan Dan Cara Memasak

Rebus daging     :

Potong daging sapi dengan ukuran sesuai selera, cuci bersih dan tiriskan. Rebus daging sapi dan jerohan secara terpisah hingga matang dan empuk.

Tumis bumbu    :

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak hingga tercium aroma harum. Masukkan lengkuas, jahe, kayu manis, batang serai dan daun salam. Setelah itu, masukkan daging sapi dan jerohan yang sudah direbus ke dalam bumbu.

Tambahkan bumbu pelengkap :

Tuangi santan, tambahkan gula merah dan garam. Masak dengan api kecil hingga empuk dan matang sempurna, kurang lebih satu jam.

Penyajian            :

Jika empal gentong sudah matang, sajikan dengan taburan daun kucai, irisan daun bawang dan bawang goreng. Jangan lupa agar lebih mantap, nikmati dengan sambal bubuk dan kecap manis. Hmm, sedap!

Mau mencicipi berbagai menu khas lainnya? Mau dapetin promo restoran di berbagai kota? Kunjungi lakupon.com sekarang juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *